Pemanfaatan Pojok ASI Sebagai Upaya Peningkatan Gizi Balita di Masa Pandemi COVID-19

  • Elyana Mafticha Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit
Keywords: pengabdian masyarakat, pojok ASI, pandemi COVID-19, artikel riset

Abstract

Bayi dan Balita adalah generasi penerus bangsa yang sangat penting diberikan perhatian atas kualitas kesehatannya. Perhatian khusus pada kecukupan gizi pada periode balita sangat penting. Pertumbuhan dan perkembangan Balita tidak sepesat pada periode Bayi. Kenaikan berat badan bayi  secara umum akan lebih mudah didapatkan dibandingkan saat usia Balita. Kecukupan gizi nutrisi Balita dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor langsung maupun tidak langsung.

Masa pandemic Covid-19 saat ini masih berlangsung, dimana layanan kesehatan menghadapi tantangan dan masalah yang sangat besar. Pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak diliputi dengan ketakutan, misinformasi, pembatasan gerak, namun tidak dapat dihindari untuk tetap dilaksanakan guna menjaga derajat kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan dilaksanakan sesuai protocol kesehatan dan dengan memperhatikan himbauan Pemerintah pada layanan kesetahan yang bersifat kampanye sampai dinyatakan aman oleh Pemerintah.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di desa Simbaringin dengan memanfaatkan Pojok ASI di Ponkesdes sebagai upaya peningkatan gizi Balita. Pelaksanaan Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan metode pemberian pendidikan kesehatan melalui mekanisme ceramah, tanya jawab, praktik langsung cara menyusui yang benar, penyediaan dan penyimpanan ASI perah serta menu seimbang untuk kecukupan asupan gizi Balita.

Published
2022-06-30
Section
Articles