Edukasi Pencegahan COVID-19 di Masyarakat Adat Pantai Kelating Kecamatan Tabanan

  • Putu Adi Cahya Dewi STIKES Advaita Medika Tabanan
Keywords: COVID-19, Edukasi, Masyarakat Adata

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada masyarakat terutama pada masyarakat adat Bali yang kental dengan adat istiadatnya. Pencegahan Covid-19 pada masyarakat di lingkungan adat perlu dilakukan agar kondisi sehat di masyarakat pada masa pandemic tetap terjaga. Penelitian yang dilakukan oleh Ariyanti (2020) di Desa Gadungan Tabanan Bali menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat telah menerapkan perilaku pencegahan Covid-19 dengan baik. Namun masih kurang pada pelaksanaan desinfektan secara berkala serta kegiatan olahraga secara rutin. Perlu edukasi yang lebih baik kepada masyarakat khususnya di lingkungan adat untuk meningkatkan kegiatan pencegahan penularan Covid-19.
Kegiatan yang dilakukan adalah edukasi pencegahan Covid-19 pada masyarakat adat yang sedang menjalani upacara menyambut hari raya Nyepi Tahun Caka 1944 di pantai Kelating Kecamatan Tabanan dengan menggunakan media leaflet dari Kementerian Kesehatan. Sasarannya adalah masyarakat adat yang hadir di Pantai Kelating Kecamatan Tabanan. Kemudian diikuti dengan pemeriksaan kesehatan serta pemberian masker, multivitamin, sabun cuci tangan dan hand sanitizer.
Setelah dilakukan edukasi pencegahan Covid-19 di lingkungan masyarakat adat, masyarakat adat berkomitmen akan tetap menjaga protokol kesehatan dengan cara: mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menggunakan masker dan hand sanitizer, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, melakukan aktifitas fisik secara teratur serta makan makanan yang bergizi dan minum multivitamin.

Published
2022-06-30
Section
Articles