Hubungan Pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi dengan Minat Remaja dalam Kegiatan Posyandu Remaja di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Sukawati I

  • Ni Wayan Padmi Ariantini STIKES Bina Usada Bali
  • Ni Made Risna Sumawati STIKES Bina Usada Bali
  • Pande Putu Indah Purnamayanthi STIKES Bina Usada Bali
Keywords: Tingkat Pengetahuan, Minat, Posyandu Remaja

Abstract

Posyandu remaja merupakan pos pelayanan terpadu yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk remaja dan masyarakat.Keberadaan posyandu remaja guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi remaja, namun kehadiran remaja dalam kegiatan posyandu masih sangat rendah, hal ini dipengaruhi banyak faktor salah satunya adalah pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dengan minat remaja dalam kegiatan posyandu remaja di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Sukawati I. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik korelasi yang bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya hubungan dan sejauh mana hubungan antara dua variabel dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah remaja yang menetap atau tinggal di Desa Ketewel Kabupaten Gianyar yang memenuhi kriteria sampel sebanyak 80 orang yang dipilih dengan teknik sampel purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan uji statistic Spearman Rho. Hasil penelitian didapatkan dari 80 responden Sebagian besar tingkat pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi dalam katagori cukup (48.8%) dan minat remaja dalam kegiatan posyandu remaja sebagian besar dalam katagori sedang (38.8%). Uji statistik menunjukan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dengan minat remaja dalam kegiatan posyandu remaja di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sukawati I (p value = 0,002; α = 0,05). Saran kepada pihak manajemen puskesmas dalam pelaksanaan kegiatan posyandu remaja agar dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang menarik bagi remaja dan atau pelaksaannya dilakukan bersamaan dengan kegiatan remaja di masing-masing wilayah. 

References

Arfiah, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Remaja Mengikuti Program Posyandu Remaja Di Desa Lena. MEDIA BINA ILMIAH, 15(5), 4565–4574.

Bkkbn. (2021). Kesehatan Reproduksi Agar Masa Depan Cerah dan Cegah Penyakit Menular Seksual. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Endang, L. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kehadiran Remaja Di Posyandu Remaja Desa Bedikulon Kabupaten Ponorogo. STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.

Kemenkes, RI. (2019). Pemuda Rumuskan Keterlibatan Bermakna dalam Pembangunan Kesehatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan (2nd ed.). PT RINEKA CIPTA.

Parnawi, A. (2021). Psikologi perkembangan. Deepublish.

Saadah, S., & Silalahi, U. A. (2019). Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Dengan Peminatan Pembentukan Posyandu Remaja Di Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung Tahun 2018. Jurnal Bidan “Midwife Journal,” 5(2).

Senja, A. O., Widiastuti, Y. P., & Istioningsih, I. (2020). Tingkat pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Jurnal Keperawatan, 12(1), 85–92.

Siagian, S. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Winda, S., Kusnan, A., & Asriati, A. (2022). Hubungan Dukungan Kader Dengan Minat Pemanfaatan Posyandu Remaja Di Puskesmas Wilayah Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah. NURSING UPDATE: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan P-ISSN: 2085-5931 e-ISSN: 2623-2871, 13(3), 150–157.

Published
2023-06-25
Section
Artikel