Pengaruh Senam Hamil terhadap Tingkat Depresi Ibu Hamil Trimester III di Kecamatan Sukawati

  • Ni Wayan Noviani Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Ni Wayan Sukma Adnyani Politeknik Kesehatan Kartini Bali
Keywords: Senam Hamil, Tingkat Depresi, Ibu Hamil Trimester III

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui mengetahui pengaruh senam hamil terhadap tingkat depresi ibu hamil trimester III. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan one group pretest-postes without control. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang. Cara pengumpulan data menggunakan kuesioner DASS dan SOP aromaterapi dan teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling. Pengolahan data menggunakan tabulasi data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan p value dari tingkat depresi ibu hamil sebelum dan setelah pemberian senam hamil adalah 0.102 (> 0.05), itu berarti bahwa terdapat tidak ada pengaruh senam hamil terhadap tingkat depresi ibu hamil trimester III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh yang signifikan dalam pemberian senam hamil terhadap tingkat depresi ibu hamil trimester III.

References

Mandagi DVV, Pali C, Sinolungan JSV. Perbedaan Tingkat Kecemasan Pada Primigravida dan Multigravida di RSIA Kasih Ibu Manado. J Biomed. 2013;1(1):197-207.

Usman FR, Kundre RM, Onibala F. Perbedaan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Menhadapi Persalinan Dengan Kepatuhan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas Bahu Kota Manado. J Keperawatan. 2016;4(1):1-7.

Sadock BJ, Sadock VA, Ruiz P. Kaplan Sadock’s Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychiatry. 11th edi. Wolters Kluwer Health. New York-USA. 2015.

Shahhosseini Z, Pourasghar M, Khalilian A, Salehi F. A Review of the Effect of Anxiety During Pregnancy on Childres’s Health. Mater Sociomed. 2015;27(3)200-3.

Larasati IP . Pengaruh Keikutsertaan Senam Hamil Terhadap Kecemasan Primigravida Trimester Ketiga dalam Menghadapi Persalinan. Surabaya: Universitas Airlangga. J Biometr dan Kependudukan. 2012;1(1)26-32.

Siswosudarmo R. Fisiologi Obstetri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2008.

Amir N. In Depresi Aspek Neurobiologis, Diagnosa dan Tatalaksana. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 1st edi. 2005;140.

Pieter HZ, Lubis NL. Pengantar Psikologis untuk Kebidanan. Jakarta: Kencana. 2011;15(2):65-72.

Wulandari PY. Efektifitas Senam Hamil sebagai Pelayanan Prenatal dalam Menurunkan Kecemasan Menghadapi Persalinan pada Primigravida. INSAN. 2006;8(2):136-45.

Published
2022-06-27
Section
Artikel