Hubungan Pola Asuh dengan Perkembangan Bahasa pada Anak 1 - 2.5 Tahun di Puskesmas I Denpasar Selatan

  • Ni Wayan Ari Adiputri Politeknik Kesehatan Kartini Bali
Keywords: Pola Asuh, Perkembangan Bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh dengan perkembangan bahasa pada anak 1-2,5 tahun. Desain penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan Crossectional. Penelitian ini telah dilaksanakan di Puskesmas I Denpasar Selatan. Besar sampel yaitu  40 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode observasi langsung dengan alat pantau KPSP. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Chi-Square karena data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan bahwa bahwa sebagian besar responden (55 %) memiliki perkembangan bahasa yang tidak sesuai dengan usianya dan sebagian besar responden (52,5 %) diberikan pola asuh demokratis. Berdasarkan hasil uji chi square diperoleh nilai p = 0,005 (p < 0,05 ) yang berarti ada hubungan yang bermakna antara pola asuh dengan perkembangan bahasa.

References

Ambarningrum,D. 2012. Efektivitas Metode Bermain Dengan Mewarnai Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah Di Kabupaten Bantul. Skripsi : Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Aisyiyah Yogyakarta

Amelia, Esa. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Dan Bahasa Anak Di Paud Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogayakarta. Skripsi : Universitas Muhammdyah Yogyakarta

Candrasari, Jane Puput. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah Di RA Semai Benih Bangsa AL-Fikri Manca Bantul Yogyakarta. Skripsi : Program Studi Ilmu Keperatan STIKES Aisyiyah Yogyakarta

Hidajati,Z. 2010. Faktor Risiko Disfasia Perkembangan Pada Anak. Semarang : Program Pasca Sarjana Magister Ilmu Biomedik dan PPDS I IKA Universitas Diponegoro

Hurlock, B. E. 2011. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Judarwanto, W. 2011. Keterlambatan Bicara Fungsional Pada Anak. Availabel at : http://www.speechclinic.com (23 Februari 2019)

Khoiriyah,dkk. 2016. Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay). Aceh : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini I Edisi Agustus 2016

Suryaputri, Indri Yunita, Bunga Ch Rosha. 2016. Hubungan Status Gizi, Gaya Pengasuhan Orang Tua Dengan Keterlambatan Perkembangan Anak Usia 2-5 Tahun Studi Kasus Di Kelurahan Kebon Kelapa Kota Bogor. Jurnal Ekologi Kesehatan Volume. 15 No.1 Juni 2016 : 56-65

Wenti. Anggraini. 2011. Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak (Studi Kasus Anak Usia 5 Tahun). Semarang : Skripsi Universitas Negeri Semarang

Widodo,Agus. 2018. Dampak Pengetahuan Akan Manfaat ASI Terhadap Kemampuan Bicara Pada Bayi 0-24 Minggu. Surakarta : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vo.2.No.3.2018

Published
2020-12-28
Section
Artikel